TELMINAS HMPII




TELMINAS HMPII 2016
di Universitas Diponegoro Semarang


Salah satu program kerja dwi tahunan Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi Indonesia (HMPII) yang mempertemukan seluruh mahasiswa ilmu perpustakaan dan informasi dari berbagai Universitas di Indonesia untuk saling berkompetisi.
TELMINAS kembali digelar pada tanggal 27-30 Oktober 2016. Jika sebelumnya Universitas Padjajaran didaulat menjadi tuan rumah kegiatan tersebut , tahun ini Universitas Diponegoro khususnya Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan dan D-3 Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Budaya yang menerima amanah menjadi tuan rumah TELMINAS HMPII 2016.
            Pada TELMINAS kali ini kepanitiaan yang terdiri dari mahasiswa D-3 Perpustakaan dan Informasi dan S-1 Ilmu Perpustakaan mengangkat tema “Mendidik Generasi Digital Natives Melalui Gerakan Literasi Sekolah” yang didasari atas adanya program Pemerintah Indonesia mengenai Gerakan Literasi Sekolah dengan rangkaian kegiatan meliputi Lomba Poster Kreatif, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Gathering Keluarga HMPII, Talkshow Nasional, dan Field trip Kota Semarang. Kegiatan ini dihadiri oleh pembina HMPII yaitu Bapak Asep Saeful Rohman, S.Sos., M.I.Kom (dosen Ilmu Perpustakaan Universitas Padjajaran) dan dibuka serta diresmikan secara langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Bapak Redyanto Noor, M.Hum. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh Dosen S-1 Ilmu Perpustakaan, D-3 Perpustakaan dan Informasi, serta panitia dan peserta/delegasi dari berbagai Universitas atas terselenggaranya kegiatan TELMINAS ini. Beliau juga berpesan agar mahasiswa ilmu perpustakaan dan informasi jangan sampai kalah saing dengan mahasiswa jurusan yang lainnya.
      TELMINAS HMPII 2016 diikuti oleh 11 Universitas di Indonesia yang teridiri atas UIN Ar-Raniry Aceh, UIN STS Jambi, Universitas Bengkulu, Universitas Lampung, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, dan Universitas Diponegoro selaku tuan rumah.  Pengumuman hasil kompetisi dilaksanakan pada hari ketiga tepatnya setelah kegiatan Talkshow Nasional. Dengan hasil kompetisi sebagai berikut ;
LKTI : juara 1 Universitas Indonesia, juara 2 Universitas Pendidikan Indonesia, juara 3 Universitas Padjajaran.
Poster Kreatif : juara 1 Universitas Brawijaya (S-1), juara 2 Universitas Indonesia, juara 3 Universitas Diponegoro.


        Kegiatan TELMINAS ini ditutup dengan agenda Field trip bersama ke beberapa tempat wisata di Semarang dengan maksud untuk mengakrabkan antara peserta dan panitia sebelum mereka kembali ke almamater masing-masing. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan agar seluruh mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi semakin giat dalam menekuni keilmuannya dan tetap menjalin silaturahmi serta memperluas relasi dengan seluruh mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia.

Sampai jumpa dalam agenda HMPII berikutnya.

HMPII... Dari Kami, Untuk Negeri!
 
                                                                                                                             Semarang, 08-11-2016
                                                                                                                              -Widia Nn-

0 comments:

Post a Comment